MTS AN NUR BULULAWANG

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

SEKILAS TENTANG BIMBINGAN DI SEKOLAH

http://juster.blogdetik.com/files/2010/02/guru-mengajar.jpg 
Bimbingan atau guidance dewasa ini telah menjadi salah satu pelayanan pendidikan yang sangat di rasakan keperluan dan urgensinya di sekolah-sekolah, bukan saja di luar negri tetapi juga di Indonesia. Sekolah-sekolah di Indonesia mulai tahun 1962-1963 telah mengambil langkah-langkah yang di perlukan untuk memasukkan program bimbingan sebagai salah satu bidang penting dalam program sekolah.

Telah kita ketahui bahwa sekolah-sekolah didirikan untuk mengemban tugas mewujudkan aspirasi-aspirasi nasional, cita-cita bangsa serta tujuan-tujuan pendidikan yang telah di pikirkan dan di rumuskan dengan seksama. Di Indonesia sekolah harus dengan kesungguhan melaksanakan tugasnya untuk mewujudkan tujuan pendidikan, yakni : “ Membimbing anak didik menjadi warganegara pancasila yang berpribadi, berdasarkan asas ke-Tuhanan Yang Maha Esa, kesadaran bermasyarakat dan mampu membudayakan alam sekitarnya, serta dapat menjadi manusia yang dapat mengembangkan diri sendiri secara optimal, sesuai dengan kecerdasan, bakat dan minat masing-masing, sehingga memiliki kepribadian yang seimbang dan berjiwa makarya serta bertanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat dan tanah air.”

Tujuan-tujuan yang sangat fundamental tersebut, untuk dapat berhasil di wujudkan, menuntut guru-gur dan petugas pendidikan lainnya memiliki pengetahuan yang seksama mengenai : Pertumbuhan dan perkembangan anak/siswa, studi, selektif dalam memilih bahan-bahan pengajaran dan kegiatan-kegiatan di sekolah, pilihan yang tepat mengenai metode-metode dan teknik-teknik pengajaran yang efektif, dan menggunakan cara-cara yang baik dalam penilaian hasil belajar siswa. Oleh karena itulah keperluan akan adanya program bimbingan di sekolah merupakan suatu keharusan.

Guru-guru kita di sekolah telah melaksanakan bimbingan terhadap siswa-siswa nya. Dalam kenyataan nya di dalam semua pengajaran yang di berikan secara efektif tersirat beberapa bentuk bimbingan. Membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar, membantu siswa bagaimana cara memahami pelajaran dengan efektif, menasehati siswa agar berprilaku sopan dan hormat kepada orang lain, dan hai itu adalah termasuk bimbingan-bimbingan yang di berikan guru kepada siswa nya.  Maksud dari usaha itu adalah membantu individu atau kelompok agar mampu bekerja dengan baik, dapat hidup dengan sejahtera dan belajar secara efektif di sekolah. Kegiatan-kegiatan itu mungkin di lakukan secara tidak teratur, tetepi bagaimananpun juga usaha-usaha tersebut menunjukkan bahwa bantuan telah di berikan dalam membimbing siswa/peserta didik dalam menemukan kesulitan dan kebutuhannya sendiri.

Kesejahteraan setiap individu siswa di sekolah dan di dalam lingkunagn hidup lain nya tidak dapat di biarkan untuk mendapat perhatian secara kebetulan, dalam arti tidak di rencanakan terlebih dahulu. Di sinilah letak keperluan program bimbingan dan konseling yang sebenarnya, di sekolah-sekolah kita.keperluan yang di rasakan lebih di perkuat oleh berbagai faktor, seperti :

  1. Bertambahnya organisasi-organisasi sosial di lingkungan kita
  2. Cepatnya perubahan-perubahan dalam tata sosial kita
  3. Perbedaan situasi ekonomi dan masalah-masalah individu dan masyarakat yang beraneka ragam.
  4. Tuntutan-tuntutan hidup di alam demokrasi.

Untuk memperhatikan keperluan-keperluan dan faktor-faktor tersebut adalah merupakan suatu keharusan bagi sekolah agar mengadakan pelayanan-pelayanan bimbingan yang efektif bagi peserta didik.
»»  Baca Selengkapnya...